Gula Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Berikut 6 Daftarnya…

Penderita gula darah tinggi perlu menghindari jenis makanan tertentu untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius. Lalu, gula darah tinggi tidak boleh makan apa? Ternyata, terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat gula darah tinggi, seperti roti tawar, pasta putih, dan makanan atau minuman lainnya yang memiliki kandungan gula tinggi. Penderita gula darah tinggi juga diimbau untuk menambah asupan sayur dan buah, serta biji-bijian utuh, untuk menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, ketahui makanan yang perlu dihindari dan dimakan oleh penderita gula darah tinggi berikut ini.

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita gula darah tinggi agar tidak memicu kondisi yang lebih serius, seperti komplikasi diabetes. Disarikan dari Medical News Today, berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita gula darah tinggi. Karbohidrat olahan Karbohidrat olahan melalui proses pengolahan yang dapat membuat tubuh mengubahnya menjadi glukosa ketika dikonsumsi. Beberapa jenis karbohidrat olahan yang perlu dihindari oleh penderita gula darah tinggi, yakni: Roti tawar Pasta reguler atau pasta putih Beberapa jenis sereal Beberapa jenis crackers Makanan yang dipanggang Nasi putih Selain meningkatkan kadar gula darah, karbohidrat olahan juga dapat membuat Anda merasa lapar dalam waktu singkat setelah memakannya sehingga risiko obesitas akan meningkat.

Makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi Makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi umumnya memiliki nutrisi yang sedikit. Selain menyebabkan kenaikan kadar gula darah, makanan dan minuman yang mengandung gula juga dapat menambah berat badan, dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula tinggi yang perlu dihindari, yakni: Beberapa jenis saus dan bumbu Nektar agave dan beberapa jenis pemanis lainnya Sirop maple dan jenis sirop lainnya Candy bars atau permen batangan Produk yogurt dengan tambahan perasa buah Roti panggang Beberapa jenis produk yang dijual di paranran juga memiliki tambahan pemanis yang tinggi sehingga perlu diwaspadai oleh penderita gula darah tinggi.

Daging berlemak atau olahan Daging berlemak atau olahan dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 11 persen jika dikonsumsi setiap hari. Beberapa jenis daging yang perlu dihindari oleh penderita gula darah tinggi, yakni:

Daging yang dilapisi tepung roti, digoreng, dan memiliki kandungan garam yang tinggi Daging olahan, seperti bacon dan roti sosis Iga dan bagian lainnya yang mengandung lemak Kulit unggas, seperti ayam dan bebek Ikan yang digoreng dengan metode deep fried Daging yang berlemak atau olahan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga juga akan memicu terjadinya peningkatan berat badan dan kolesterol. Susu full cream Susu memiliki kandungan protein, kalsium, dan vitamin yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, susu full cream dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah yang memicu terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, penderita gula darah tinggi perlu membatasi asupan susu full cream karena memiliki risiko penyakit jantung dan obesitas yang tinggi.

Daging yang dilapisi tepung roti, digoreng, dan memiliki kandungan garam yang tinggi Daging olahan, seperti bacon dan roti sosis Iga dan bagian lainnya yang mengandung lemak Kulit unggas, seperti ayam dan bebek Ikan yang digoreng dengan metode deep fried Daging yang berlemak atau olahan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga juga akan memicu terjadinya peningkatan berat badan dan kolesterol. Susu full cream Susu memiliki kandungan protein, kalsium, dan vitamin yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, susu full cream dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah yang memicu terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, penderita gula darah tinggi perlu membatasi asupan susu full cream karena memiliki risiko penyakit jantung dan obesitas yang tinggi. Baca juga: Apakah Jalan Kaki Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? Lemak jenuh dan lemak trans Lemak jenuh kerap ditemui pada produk hewani, minyak, dan makanan olahan, seperti: Mentega Lemak babi Beberapa jenis minyak, seperti minyak sawit Saus yang berbahan dasar krim Mayones dengan kandungan lemak yang tinggi Kentang goreng Makanan yang dilapisi tepung roti Keripik kentang Makanan cepat saji Burger Selain lemak jenuh, makanan yang memiliki kandungan lemak trans juga perlu dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, lemak trans memiliki kandungan lemak yang tinggi dan tidak sehat sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Minuman beralkohol Minuman beralkohol juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga akan meningkatkan kadar gula di dalam darah. Asupan minuman beralkohol per hari perlu dibatasi atau dihentikan. Anda yang terbiasa minum minuman beralkohol diimbau untuk tidak mengonsumsi lebih dari 145 mL wine dan 350 mL bir. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga berbahaya jika dikonsumsi dengan obat gula darah tinggi dan dapat memicu hipoglikemia atau gula darah rendah. Beberapa jenis makanan tersebut perlu dihindari atau dibatasi sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Makanan untuk penderita gula darah tinggi Selain menghindari beberapa jenis makanan di atas, penderita gula darah tinggi juga diimbau untuk mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan gula darah. Dilansir dari American Diabetes Association (ADA), ada beberapa jenis makanan untuk penderita gula darah tinggi, seperti: Buah dan sayur Protein rendah lemak Makanan atau minuman dengan kandungan gula yang rendah Makanan yang tidak melalui proses pengolahan Memahami gula darah tinggi tidak boleh makan apa sangatlah penting untuk menghindari kondisi yang lebih serius, termasuk komplikasi diabetes. Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat memilih jenis diet yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan yang dimiliki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gula Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Berikut 6 Daftarnya…”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/24A28100000268/gula-darah-tinggi-tidak-boleh-makan-apa-berikut-6-daftarnya-.