Balai Kesehatan Masyarakat (BALKESMAS) Wilayah Magelang merupakan tempat pusat rujukan pelayanan kesehatan yang yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit suatu kelompok atau masyarakat secara menyeluruh.
Balkesmas Wilayah Magelang telah melakukan pelayanan kesehatan masyarakat tertentu secara terintegrasi dan menyeluruh dalam rangka mengatasi kesehatan masyarakat yang ditandai dengan insidensi dan prevalensi tinggi maupun prevalensi rendah yang berdampak kepada angka kesakitan dan angka kematian.
Dalam rangka menjalankan fungsinya tersebut, Balkesmas Wilayah Magelang harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal baik kepada perorangan maupun kepada masyarakat, diantaranya melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Balkesmas Wilayah Magelang. (manajemen harus mengetahui dan memastikan bahwa persyaratan dan kriteria masyarakat telah ditentukan dan dipenuhi untuk mencapai tingkat Kepuasan masyarakat) ISO 9001:2015.
Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2019 dilakukan melalui survei Kepuasan Masyarakat yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelengaraan Pelayanan Publik. Dengan adanya Survei Kepuasan Masyarakat, diharapkan Balkesmas Wilayah Magelang dapat mengetahui kepuasan masyarakat terhadap kinerja semua unit pelayanan yang ada, juga dapat mengetahui bagaimana persepsi dan harapan masyarakat sehingga nantinya Balkesmas Wilayah Magelang dapat memperbaiki serta meningkatkan kualitas pelayanannya.