TEST KEBUGARAN JASMANI  METODE ROCPORT TAHUN 2022

Upaya kesehatan olahraga adalah salah satu upaya kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik dan olahraga program kesehatan olahraga merupakan salah satu program dan pokok program perilaku hidup sehat dan pemberdayaan masyarakat. Kesehatan olahraga telah ditetapkan sebagai salah satu indikator kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Kesehatan olahraga diperlukan  untuk tercapainya derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat yang optimal dengan melakukan olahraga atau latihan fisik secara baik.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas, 2007) menunjukkan penyebab kematian telah terjadi pergeseran dari penyakit menular ke Penyakit Tidak Menular. Penyakit menular menyumbang 28,1% kematian sedangkan Penyakit Tidak Menular sebagai penyumbang terbesar penyebab kematian terbesar (59,5%). Faktor risiko PTM antara lain kurang aktivitas fisik, diet yang tidak sehat dan tidak seimbang, merokok, konsumsi alkohol, obesitas, Hyperglikemia, Hipertensi, hiperkolesterol, dan perilaku yang berkaitan dengan kecelakaan dan cedera.

Faktor risiko PTM dapat dicegah dan dikendalikan lebih dini, untuk itu diperlukan pengetahuan dan informasi keberadaan faktor risiko serta besarnya masalah PTM utama, sebelum dilakukan intervensi perubahan terhadap faktor risiko. Perubahan  faktor risiko PTM, membutuhkan waktu lama khususnya faktor risiko gaya hidup. Upaya yang dilakukan untuk mencegah PTM akibat perubahana gaya hidup adalah melalui program GERMAS yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  diantaranya perbanyak makan buah dan sayur, tingkatkan aktivitas fisik dan cek kesehatan secara berkala.

Pada tanggal 18 November 2022, Balkesmas Wilayah Magelang melaksanakan kegiatan test kebugaran jasmani dengan metode rocport sebagai salah satu upaya kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani melalui peningkatan aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga.