Upaya pemenuhan air bersih untuk mencegah stunting dan Penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan air bersih

Masalah kesehatan merupakan masalah nasional yang tidak dapat terlepas dari kebijakan sektor lain sehingga upaya pemecahan ini harus strategis serta melibatkan sektor lain. Pembangunan kesehatan yang di jalankan selama ini hasilnya kurang optimal karena kurangnya dukungan lintas sektoral. Beberapa program–program lintas sektoral yang tidak atau kurang berwawasan kesehatan sehingga memberikan dampak negatif bagi kesehatan masyarakat. Sebagian dari masalah kesehatan berhubungan terutama dengan lingkungan dan perilaku. Hal ini berkaitan erat dengan berbagai kebijaksanaan maupun pelaksanaan program di sektor pembangunan kesehatan. Untuk itu diperlukan pendekatan lintas sektoral yang sangat baik agar sektor terkait dapat selalu mempertimbangkan kebijakan dan dukungannya terhadap pembangunan kesehatan masyarakat.

Sehubungan dengan SE Gubernur Jawa Tengah No. 400/0003126 Tanggal 18 Februari 2022, bahwa dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan terobosan Maju Bareng untuk Penanggulangan Kemiskinan melalui Gerakan “Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan Menuju Desa Lebih Sejahtera’, dalam rangka mengatasi beberapa masalah kesehatan prioritas.

Sesuai dengan Surat Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor 460/0002433 tanggal  10 Februari 2023 perihal Desa Dampingan Tahun 2023 untuk Penanggulangan Kemiskinan, bahwa Balkesmas wilayah Magelang mendapatkan Desa Dampingan di Desa Kubangkangkung Kecamatan Kawunganten Kab Cilacap. Berdasarkan Koordinasi dengan Desa Kubangkakngkung di dapatkan data bahwa terdapat beberapa dusun yang mempunyai masalah dalam penyediaan air bersih yaitu di Dusun Sidosari Kulon RT. 02/02 dan Dusun Sidasari Wetan RT. 03/4 Kubangkangkung, Sehingga di perlukan  pertemuan untuk memfasilitasi  upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan air bersih di desa Kubangkangkung tersebut

Narasumber : BBTKLPP Yogyakarta dan Disperkimta Kab. Cilacap
Hadir : Aparat desa, kader Kesehatan, Bidan desa, Kecamatan Kawunganten, Puskesmas Kawunganten, Dinkes Cilacap, Labkesda, Dinas pertanian, Bank Jateng, DLH.

Kegiatan di desa dampingan Desa Kubang kangkung Kawunganten Cilacap,
Tanggal 17 April 2023